Jumat, 02 Maret 2012


          Prosedur Analisis Fraksi Serat (Febrina dkk 2010)
   1.      Analisis Kandungan Neutral Detergent Fiber  (NDF)
            Cara kerja analisis kandunga Neutral Detergen Fiber (NDF) adalah sebagai berikut :
1.      Ditimbang masing-masing sampel sebanyak 0,5 gram (a), dimasukan kedalam crusibel.
2.      Crucible diletakkan pada fibertex hot extraction, ditambahkan 50 ml larutan NDS. Dipanaskan sampai mendidih, setelah mendidih diteteskan octanol pada sampel yang berbuih, lalau panas optimumkan dilakukan selama 1 jam.
3.      Setelah selesai di ekstraksi selama 1 jam dilakukan penyaringan dengan pemakuman   pada fibertex hot extraction kemudian dibilas dengan air panas.
4.      Crusibel dipindahkan pada Fibertex Cold Extraction, dilakukan pembilasan dengan aceton/alcohol 96%
5.      Crusibel dan sampel diovenkan pada suhu 1350 C selama 2 jam, kemudiaan didinginkan dalam desikator dan ditimbang (c).
6.      Crusibel dan sampel yang telah diovenkan dan ditimbang beratnya dilakukan pengabuaan dalam tanur pada sushu 525-5500 C selama 3 jam, lalu didinginkan dalam desikator dan di timbang (b).
Rumus : % NDL =  
2.    Analisis Kandungan Acid Detergent Fiber (ADF)
Cara kerja analisis kandunga Acid Detergen Fiber (ADF) adalah sebagai berikut :
1.      Ditimbang masing-masing sampel sebanyak 0,5 gram (a), dimasukkan ke dalam crucible.
2.      Crusibel diletakkan pada Fibertex Hot Extraction, tambahkan 50 ml larutan ADS. Dipanaskan sampai mendidih, setelah mendidih diteteskan octanol pad sampel yang berbuih, lalu panas dioptimumkan dan dilakukan ekstraksi selama 1 jam
3.      Setelah selesai diekstraksi selama 1 jam dilakukan penyaringan dengan pemakuman pada Fibertex Hot Extraction dan dibilas dengan air panas.
4.      Crucible dipindahkan pada Fibertex Cold Extraction kemudian dibilas dengan aceton/alcohol 96%.
5.      Crucible dan sampel diovenkan pada suhu 1350 C selama 2 jam, kemudian didinginkan dalam desikator dan ditimbang (c).
6.      Crusibel dan sampel yang telah diovenkan dan ditimbang beratnya dilakukan pengabuan dalam tanur pada suhu 525-5500 C selama 3 jam, lalu didinginkan dalam desikator dan ditimbang (b).
Rumus : % ADF =  
         3.  Analisis Kandungan Hemiselulosa
Hemiselulosa = % NDF - % ADF    
1.   Analisis Kandungan Acid Detergent Lignin (ADL)
   Cara kerja analisis kandunga Acid Detergen Lignin (ADL) adalah sebagai berikut :
1.      Ditimbang masing-masing sampel sebanyak 0,5 gram (a), dimasukkan kedalam crusibel.
2.      Crusibel diletakkan pada Fibertex Hot Extraction, tambahkan 50 ml larutan NDS. Dipanaskan sampai mendidih, setelah mendidih diteteskan octanol pada sampel yang berbuih, lalu panas dioptimumkan dan dilakukan ekstraksi selama 1 jam.
3.      Setelah selesai diekstraksi selama 1 jam dilakukan penyaringan dengan pemakuman pada Fibertex Hot Extraction kemudian dibilas dengan air panas.
4.      Crusibel dan sampel dipindahkan pada Fibertex Cold Extraction dan dibilas dengan aceton/alcohol 96%.
5.      Dilakukan perendaman dengan HSO4 72% selama 3 jam, kemudian dibilas dengan air panas.
6.      Crusibel dan sampel diovenkan pada suhu 1350 C selama 2 jam, kemudian didinginkan dalam desikator dan ditimbang (c).
7.      Crusibel yang telah diovenkan dan ditimbang beratnya dilakukan pengabuan dalam tanur pada suhu 525-5500 C selama 3 jam, lalu didinginkan dalam desikator dan ditimbang (b).
Rumus : % ADL =  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar